Monday, January 2, 2017

Tv LCD/LED Sharp Indikator Kedip-kedip

LCD TV SHARP AQUOS LC-32M400M-BK INDIKATOR KEDAP-KEDIP

Diagnosa

LCD TV Sharp Aquos LC-32M400M-BK jika dimasukan aliran listrik  hanya terlihat lampu indikatornya saja yang berkedap-kedip, coba tekan tombol power sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.

Model LCD TV Sharp Aquos :

model lcd tv sharp aquos lc32m400m-bk

Apakah yang menyebabkannya ? Segera saya selidiki .

Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip saat aliran listrik masuk sekilas memberi pemikiran kemungkinan adanya masalah dibagian PSU ( power supply unit ) , ada indikasi tegangan output dalam kondisi tidak stabil. Setelah dilepaskan casing bagian belakang terlihat PSU  kondisi komponen yang masih baik, poin ada di Capasitor filter . Seperti ini tampilan PSU-nya :

PSU LCD TV SHARP AQUOS LC32M400M-BK

Tahap lanjutan yang saya lakukan adalah dengan membuka servis menu, kemungkinan ada error sehingga terjadi kasus kerusakan seperti ini. Cara buka servis menu/ mode K adalah :

1 Matikan / lepaskan aliran listrik

2 Tekan tombol Vol – serta Input di panel control/ bukan di remote.

3 Masukkan aliran listriknya

Setelah saya lakukan langkah ini kini lampu indikator sudah tidak kedap-kedip dan LCD TV Sharp sudah bisa hidup, tapi setelah kita matikan lewat remote atau lewat panel semuanya kembali seperti semula/ kedap-kedip lagi lampu indikatornya. Jadi semakin jelas ada masalah di data setting maka kita coba restore , caranya :

Dalam mode K tekan tombol ( vol – serta prog –  ) di panel control nantinya akan keluar ( menu/ option ) setelah  ( gunakan select up / down ) tampil pilihan kedua yaitu area ( asia) tekan tombol ok di remote dan diamkan sampai terlihat tampilan ok di layar LCD-nya. Selanjutnya saya matikan LCD TV Sharp melalui remote dan coba hidupkan kembali hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.

Ada sedikit perbedaan dari model yang sebelumnya, biasanya kalau dalam kondisi ( mode K ) jika dimatikan LCD-nya ( mode K ) tampil lagi bila dihidupkan. Untuk model ini tidak berlaku, jika ( mode K ) sudah terbuka maka dengan dimatikan LCD-nya maka ( mode K ) akan hilang dengan sendirinya / tidak tampil lagi.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment