Monday, January 2, 2017

Koleksi Kerusakan Monitor LCD/LED BENQ

MONITOR COMPUTER BENQ Q5TA HIDUP SEBENTAR LALU STANDBY

Diagnosa

Monitor computer BENQ Q5TA jika kita hidupkan sesaat kita lihat tampilan OSD dan tak lama kemudian tampilan OSD hilang dan layarpun menjadi gelap, hanya lampu standby saja yang terlihat menyala.

Model Monitor computer BENQ :

model monitor BENQ

Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki .

Untuk memperbaiki permasalahan yang seperti ini paling awal kita periksa rangkaian power supply-nya, bisa saja ada Capasitor yang mengalami kerusakan. Tapi setelah casing terbuka dan kita lepaskan alumunium bagian atas terlihat dengan jelas Capasitor masih dalam kondisi baik/ tidak ada perubahan fisik. Tampilan power supply monitor Computer BENQ :

power supply monitor BENQ
Output dari power supply ini ada dua kanal yaitu 3,3 volt sama 15 volt , kita lakukan pengukuran untuk kedua tegangan output hasilnya tegangan dalam kondisi normal . Untuk lebih memperjelas lokasi kerusakan kita lakukan pengetesan langsung, maksudnya kita hidupkan dan berikan masukkan pada input video VGA. Awalnya kita lihat adanya tegangan driver untuk sistem switch dimana tegangan berlabu pada Ic TL1451, dan dari Ic ini baru diberi umpan untuk mentriger Transistor FU9024 supaya bisa mengeluarkan tegangan 15 volt untuk sistem inverter.

Dari rangkaian logic control semuanya terlihat normal, kita ukur tegangan driver on-off ada serta tegangan feedback. Karena sudah kehabisan akal maka kita coba dengan melepaskan sistem switch on-off dari transistor FU9024, caranya dengan menjumper langsung tegangan dari power supply tanpa menggunakan transistor FU9024 dan hasilnya tampilan menjadi normal.

Dari sini kita simpulkan untuk membuatkan sistem switch baru supaya inverter bisa bekerja tampa mendapatkan tegangan driver dari Ic TL1451, caranya dengan menggunakan transistor 2SC1815 yang dibantu oleh 1 buah Resistor 4k7. Dengan adanya transistor 2SC1815 sistem switch yang ada dalam Ic TL1451 bisa digantikan secara manual, pinoutnya ada pada kaki no 7 untuk kaki colector transistor 2SC1815 dan emitor kita berikan ground/ kaki Ic TL1451 no 8 lalu untuk kaki basis transistor 2SC1815 kita pasangkan resistor 4k7 dan kita hubungkan dari kaki no 6 Ic TL1451, seperti ini tampilannya :

Inverter BENQ

Setelah proses pemasangan transistor 2SC1815 selesai kini kita coba hidupkan kembali monitor computer BENQ-nya dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Perbaikan terkadang selalu membutuhkan trik, jadi hal inilah yang kita terapkan untuk monitor computer BENQ .






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment