Wednesday, November 30, 2016

Tv LCD/LED Toshiba Ganti Logicboard/Mainboard

LCD TV TOSHIBA 32PB10E GANTI LOGICBOARD

LCD TV Toshiba sudah dalam kondisi yang sangat parah yaitu layar LCD pecah dan untuk logicboard juga dalam kondisi rusak. Sangat melelahkan untuk mencari logicboard pengganti kalau untuk layar LCD kita sudah dapatkan terlebih dahulu, hampir setengah tahun akhirnya baru bisa kita dapatkan logicboard pengganti . Sayangnya type logicboard pengganti tidak sama persis seperti bawaan aslinya, kalau dilihat sekilas hampir sama yang sedikit membedakan untuk soket lineout ke panel LCD. Type logicboard pengganti yaitu untuk model 32PS10V sedangkan bawaan aslinya 32PB10E, jadi untuk mengetahui bisa atau tidaknya kita lakukan percobaan.

Tampilan logicboard 32PB10E :
logicboard-32PB10E

Untuk mengetahui perbedaan apa saja atau trik apa saja yang harus kita tempuh maka disini kita coba adakan persamaan, hal yang membedakan ada 2 yaitu :

1 Soket untuk panel

2 Soket dc in 13 volt

Untuk soket kita mesti pindahkan, ini kita ambil dari logicboard lama dan kita pasangkan di logicboard baru, seperti ini tampilan setelah kita pindahkan:

logicboard-32PS10V

Untuk dc in 13 volt ini mesti kita lakukan penjumperan karena pada logicboard lama pin 3 dan 4 dalam kondisi terhubung sedangkan di logicboard baru tidak terhubung, seperti ini tampilannya :

logicboard-32PS10V-soket-dc

Setelah kedua langkah tersebut kini kita coba hidupkan LCD Toshiba dan hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal. Proses perbaikan ini sangat menguras kantong alias mahal , paling tidak terbayarkan karena bisa dinikmati hasil gambar dan suaranya.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment