Wednesday, November 30, 2016

TV LCD/LED LG LAYAR GELAP

1. LCD TV LG 32LH20R LAYAR GELAP

Diagnosa

LCD LG 32LH20R jika kita hidupkan hanya terdengar suaranya saja, saat awal sempat kita lihat lampu backlight menyala tapi hanya kedip saja .

Model LCD tv LG :



Apakah yang menyebabkannya ? segera kita selidiki .

Servisan kita kali ini kita dapatkan atas informasi bapak edoy , barangnya ada di hotel dan kita mesti datang kesana. Saat kita lakukan pemeriksaan kita berasumsi yang rusak lampu CCFL ( neon ) karena saat kita periksa inverter tampak tidak ada masalah. Kita lakukan pemeriksaan lampu CCFL dan proses ini sangat beresiko karena mesti angkat layar LCD, secara hati-hati sekali kita angkat supaya lampu bisa kita lihat. Lampu CCFL yang digunakan model U dan kita coba pasangkan model C dan ternyata setelah kita pasangkan tetap saja hasilnya sama ( lampu neon tidak mau hidup ).

Karena hasilnya sama maka kita coba teliti lagi modul inverter , satu persatu komponen kita ukur dengan multitester dari dioda– resistor sampai dengan transistor fet. Untuk memudahkan proses pelacakan maka kita hidupkan inverter dan kita ukur tegangan feedback inverter, hasilnya 1 kanal ada perbedaan ( ada 8 kanal secara keseluruhan ). Sistem feedback memakai capasitor ukuran 5pf/6kv dan komponen yang rusak bukannya capasitor ini melaikan Resistor untuk sistem fuses nilai o ohm bentuk SMD ( kecil ) dan ini menempel di alur PCB searah dengan capasitornya.

Inverter unit LCD tv LG 32LH20 :

inverter-LCD-LG32LH20R


inverter-LCD-LG32LH20H-fuse

Solusi yang kita terapkan hanya dengan menyambungkan timah solder ( bypass ) dan hasilnya Alhamdulillah lampu CCFL bisa hidup lagi dengan normal

2. Suara Ada Gambar Tidak Ada LED LG 32
Diagnosa

LED LG saya hidupkan , pasangkan antena ? tampilan layar terlihat gelap ( tidak ada gambar tapi lampu backlight hidup ) dan suaranya terdengar ( ada ).

Pemeriksaan awal saya lakukan di area T-con , IC TPS 85175 kalau saya pegang panas sekali,,, nah kalau saya lepaskan soket yang terhubung ke panel , IC TPS 85175 hanya hangat saja. Saya ambil mutitester dan coba ukur tegangan yang terhubung ke panel, tegangan yang masuk 0.5 volt ( seharusnya 3,3 volt ). Saya ukur hambatannya ternyata konslet , dan ini disebabkan oleh capasitor ( filter ). Saya angkat capasitor itu dan saya ukur ulang , hasilnya normal

tampilan T-con

TCON

Setelah penggantian capasitor , saya pasangkan kembali soket dan saya tes… hasilnya alhamdulillah

PANEL LG







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment