Wednesday, March 9, 2016

MEMAHAMI SISTEM SCAN DRIVER PANEL LCD


Cara kerja panel Scan-Driver ada beberapa macam.
Salah satunya adalah yang digunakan oleh Panel Samsung yang dinamakan “High-Voltage Level-Shifting”.
Cara kerja untuk mendapatkan pulsa2 drive CKV, CKVB, STVP dapat dipahami dengan contoh blok diagram seperti gambar dibawah. Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP digunakan sebagai pulsa “Row driver” atau kadang juga disebut “Gate –driver”.

1. Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP, dibentuk dari pulsa-pulsa STV dan CPV.
2. Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP mempunyai level tegangan tinggi sekitar 35-40v, dan mendapat       suply positip dari VGH (Von) dan suply negatip dari VGL (Voff).
3. Pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP dari ic scan-driver dipecah menjadi 2 jalur. Satu jalur masuk ke         panel lewat sisi kiri, dan jalur satunya lagi lewat sisi kanan.
4. Kehilangan pulsa-pulsa CKV, CKVB, STVP ( karena short,  jalur putus, atau kehilangan tegangan     VGH-VGL)  pada kedua sisi akan mengakibatkan layar blank-no osd, sedangkan kalau hanya satu     sisi yang putus biasanya gambar masih tetap ada.
5. High-voltge Shift-Register yang ada pada Row-driver didalam panel kaca kadang rusak dan                 mengakibatkan gangguan “gambar double vertikal”. Kalau hanya salah satu sisi yang rusak kadang     panel masih dapat diperbaiki dengan memutus jalur CKV, CKVB,STVP semuanya, atau kadang         cukup salah satu jalur saja pada sisi yang rusak. tetapi hal ini tidak menjamin 100% pasti bisa..



















sumber:
sekawan-servis-electronic.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment