Saturday, December 5, 2015

Koleksi Kerusakan Tv LCD/LED Advance

1. Lcd advance V2120 layar gelap
Kerusakan:
Lcd advance v2120 dengan kerusakan dimana lampu indikator stby normal bisa di on/off & ada suara/ di pindah chanel normal tetapi layar terlihat gelap/tak ada gambar. kerusakan seperti ini biasa terjadi karena inverter/ balas/ lampu rusak.

 


Perbaikan:
Langkah pertama kita cek bagian v in dari power suply ke inverter, ada beberapa v in /berbeda2 ,namun v in lcd ini menggunakan tegangan v in 12 volt."setelah di ukur terlihat normal.
kemudian cek inv on/ inverter on"-+ sekitar 5 volt" disini juga terlihat normal."berarti bagian inverter/balas rusak.


cek tegangan v in 12 v apakah benar sampai transistor/ ada jalur yg putus. cek tegangan 5 volt/inv on ke arah ic driver.
dalam rangkain lcd ini menggunaka ic dengan seri ka7500/ fet/transistor 4606.
cek dengan ohm meter pada tr/fet dari colector ke emitor apakah ada yg shot ato tidak?


ternyata setelah saya teliti dalam rangkaian inverter lcd yg saya perbaiki ini kerusakannya karena colector dengan emitor pada tr/fet dekat trafo inverter shot/ konslet.
tr/fet dengan seri 4606"doble tr pnp npn" saya ganti dengan seri 4616"doble tr pnp npn" dengan watt yg lebih besar mudah2han lebih awet.


semoga membantu......!


2. Gambar blur"buram" Lcd tv advance V2120
Kerusakan:
lcd tv advance dgn seri V2120 kerusakan gambar ngeblur atau buram.


Perbaikan:
langsung saja kita oprek bagian panel lcd.

klo gambar blur sudah pasti bagian gamma tidak benar,entah itu dari kerusakan ic gamma ataupun komponen lainnya,yang jelas sudah pasti di bagian gamma bermasalah.dalam panel tipe ini menggunakan ic gamma 17814 atau 17824 seperti gambar di atas.

tanpa berpikir lagi karna ic terlalu panas,atau over saya langsung ganti dgn ic yg sama.& alhasil gambar kembali terang.langkah terakhir tinggal foto2.hehehe









sumber:
specialistlcd.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment